BisnisKonfeksi.com

Mengenal Berbagai Jenis Batik Nusantara

Bisnis KonfeksiMengenal Berbagai Jenis Batik. Secara umum kata ‘batik’ memiliki dua definisi; (1) Batik adalah teknik pewarnaan kain menggunakan malam/lilin, (2) Batik adalah jenis busana yang dibuat dengan teknik tersebut (batik). Pada 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible of Humanity). Sedangkan menurut etimologi, kata ‘batik’ berasal dari 2 kata (bahasa Jawa) yaitu amba yang berarti ‘menulis‘, dan ‘titik’ yang berarti‘titik’. Ada dua jenis batik yang dikenal masyarakat, yaitu jenis batik tulis dan jenis batik cap.

jenis batik nusantara
jenis batik nusantara

Teknik batik menurut penelitian di Mesir menunjukan bahwa batik sudah ada sejak awal abad ke-4 SM, klaim tersebut berawal dari ditemukannya sebuah kain pembungkus mumi yang dilapisi malam. Sedangkan di Indonesia, batik dipercaya telah dikenal masyarakat sejak zaman kerajaan Majapahit. Batik semakin terkenal sejak abad XIX. Pada era tersebut baru dikenal jenis batik tulis, dan awal abad 20 barulah jenis batik cap mulai dikenal. Pada zaman dahulu, keterampilan membatik hanya dimiliki kaum perempuan saja, namun seiring dengan perkembangan zaman dan dikenalnya jenis batik cap, kini keterampilan seni membatik juga dimilki kaum pria. Seni batik pada awalnya adalah tradisi turun temurun dimana masyarakat zaman dulu dapat mengetahui motif batik berasal dari keluarga tertentu. Hal itu terbukti hingga sekarang ini dengan adanya beberapa motif batik yang hanya dipakai oleh keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Jenis Batik Menurut Teknik Pembuatannya

Jenis Batik Tulis

Jenis batik tulis adalah kain batik yang dibuat dengan memakai cara konvensional, batik tulis dibuat dengna menggunakan malam yang dilukis dengan tangan. Batik tulis hingga sekarang masih banyak diproduksi di berbagai wilayah di Indonesia. Keunggulan batik tulis dapat kita lihat dari ketahanan lukisannya yang tidak mudah luntur. Selain itu, batik tulis memiliki lebih banyak variasi model dan motifnya.

Jenis Batik Cap/Cetak

Jenis batik cap atau batik cetak merupakan kain batik yang diproduksi menggunakan teknik modern dengan cara dicap dalam membuat motifnya. Produksi batik cap tentu saja lebih cepat karena sudah menggunakan cara yang lebih modern. Harga kain batik cap biasanya lebih murah dibandingkan dengan kain batik tulis. Batik telah menjadi bagian dari budaya Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi. Budaya batik umumnya berasal dari pulau Jawa dan sebagian berasal dari beberapa wilayah yang tersebar di Indonesia. Budaya batik patut kita jaga agar ekstensinya tetap terjaga hingga anak cucu kita.

Jenis Batik Berdasarkan Daerah Asalnya:

Jenis Batik Berdasarkan Corak / Motifnya:

  • Batik Petani
  • Batik Kawung
  • Batik Keraton
  • Batik Sida Asih
  • Batik Sida Mukti
  • Batik Sida Luhur
  • Batik Pringgondani
  • Batik Sudagaran
  • Batik Cuwiri
  • Batik Tambal
  • Batik Semen
  • Rama Batik
  • Sekar Jagad

Museum-Museum Batik di Indonesia

Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi berada didalam kompleks wisata yang terkenal dengan sebutan HDH. HDH merupakan singkatan dari House of Danar Hadi. HDH adalah kompleks wisata batik yang berada di kota Solo, Jawa Tengah. Pendiri HDH adalah sebuah perusahaan batik di Solo yaitu PT Batik Danar Hadi. Museum ini dibangun pada tahun 2008. Museum Batik Danar Hadi sendiri sudah berdiri sejak tahun 2002 yang diresmikan oleh mantan wakil presiden Megawati Sukarnoputri. Museum Batik Danar Hadi juga telah mengantongi pernghargaan MURI sebagai museum yang memiliki koleksi batik paling banyak, yaitu kurang lebih 10.000 kain jenis batik.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu menyajikan berbagai budaya dari kehidupan di zaman Dinasti Mataram. Koleksi Museum Ullen Sentalu menampilkan berbagai jenis batik atau pakaian yang diekenakan para raja pada zaman dahulu. Museum yang berada di Desa Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman ini mempunyai keunikan tersendiri dimana kata Ullen Sentalu yang diambil dari bahasa Jawa sebagai nama museum ini ternyata berasal dari sebuah singkatan, yaitu ‘Ulating Blencong Sejatine tataraning Lumaku’. Makna dari bahasa Jawa tersebut ialah petunjuk bahwa ‘Nyala lampu blencong merupakan petunjuk bagi manusia untuk melangkah serta meniti kehiidupan’.

Museum Batik Yogyakarta

Berada di Jln. Dr. Sutomo, Yogyakarta kota. Museum batik Yogyakarta merupakan museum swasta yang didirikan oleh Hadi Nugroho. Kanwil P&K Yogyakarta telah meresmikan museum ini pada 12 Mei 1977. Musem Batik Yogyakarta pernah mendapat penghargaan dari MURI atas maha karyanya ‘Sulaman Terbesar’ ukuran 400 x 90 cm2 di tahun 2000. Jika Anda mengunjungi wilayah ini Anda dapat menemukan berbagai macam seni jenis batik dari mulai koleksi kain batik hingga peralatan membatik. Hingga saat ini tercatat ada 560 helai kain batik cap, 500 kain jenis batik tulis, 124 alat membatik (canting), 35 wajan dan bahan-bahan pewarna dalam seni batik. Kain jenis batik koleksi Museum Batik Yogyakarta didominasi oleh batik khas Solo, batik khas, Yogyakarta, batik khas Pekalongan serta batik khas beberapa daerah lainnya di pulau Jawa.

Lihat juga Batik Couple Pasangan Sejati Mengenal Berbagai Jenis Batik.