BisnisKonfeksi.com

Mengetahui Macam-Macam Motif Batik Pekalongan

3 Jenis Motif Batik Asal Pekalongan & Penjelasan Makna Filosofinya – Pada postingan terbaru kategori batik, kita sudah membahas berbagai macam motif batik Jogjakarta berikut penjelasan maknanya. Untuk kali ini kami akan melanjutkan postingan tentang batik Indonesia, yakni motif batik Pekalongan beserta penjelasannya.

Batik Pekalongan merupakan salah satu jenis batik yang paling terkenal diantara batik lainnya. Pekalongan terletak di propinsi Jawa Tengah, maka dari itu corak batik dari Pekalongan memiliki kemiripan yang bisa anda temui pada batik lain yang berasal dari propinsi yang sama.

Salah satu ciri khas dari batik Pekalongan ialah sering disebut batik pesisir, sebab kebanyakan pengrajin batik sejak awal ia diperkenalkan kepada masyarakat hingga saat ini hidup di daerah pesisir pantai pulau Jawa.

Motif Jlamprang Pekalongan

motif batik pekalongan dan namanya
motif batik Jlamprang pekalongan dan filosofinya

Model batik dari Pekalongan yang pertama ialah motif Jlamprang. Memiliki aksen geometris dan lebih sering berkomposisi lebih dari 2 macam warna. Pola batik Jlamprang muncul bersamaan saat perkembangan agama Islam di Pekalongan, maka tak heran jika motif-motifnya tidak pernah meniru makhluk hidup. Mengingat ada dua perbedaan pendapat sejarawan akan arti atau makna dari motif Jlamprang, sehingga ada dua perbedaan pandangan pula yang bisa kita kaji. Makna yang pertama kerap dikaitkan dengan kebudayaan umat Islam yang selalu menjaga silaturahmi dan hidup rukun. Sedangkan pendapat yang kedua lebih condong kearah filosofi orang Hindu.

Motif Liong

motif batik pekalongan dan artinya
motif batik Liong pekalongan beserta penjelasannya

Pada zaman dahulu, banyak etnis Tionghoa yang sudah menetap di Pekalongan. Mereka juga turut andil dalam perkembangan trend busana pada masa lampau. Salah satu bentuk partisipasinya ialah dengan diciptakannya batik Liong. Dilihat dari sisi ornamen, motif batik Liong cenderung mengadopsi wujud makhluk imaginir seperti ular naga.

Motif Semen

motif batik pekalongan dan keterangan
motif batik Semen pekalongan dan pengertiannya

Batik semen merupakan motif batik klasik dari daerah Pekalongan. Penampilannya hampir sama dengan motif batik semen dari Jogja dan yang lebih terkenal dari daerah Solo, hanya saja motif Semen Pekalongan tidak terdapat unsur cecak dan lebih didominasi oleh gari-garis dekoratif. Ornamen pendukung umumnya berupa burung garuda atau tumbuhan tertentu. Filosofinya yaitu lambang burung garuda yang gagah perkasa yang mampu bertahan dalam kondisi apapun. Siapapun yang memakainya diharapkan memiliki keteguhan hati yang kuat.

Demikian jenis-jenis batik Pekalongan yang perlu anda ketahui sebagai putra-putri bangsa. Semoga batik Pekalongan dan batik-batik lainnya tetap terjaga dan terus-menerus dilestarikan.

Tags:

motif batik pekalongan, motif batik pekalongan dan maknanya, gambar batik pekalongan, macam macam batik pekalongan, motif batik pekalongan dan filosofinya, makna batik pekalongan, jenis batik pekalongan, nama motif batik pekalongan, motif batik pekalongan dan penjelasannya, nama batik pekalongan, filosofi batik pekalongan, macam macam motif batik pekalongan, makna simbolik batik pekalongan, makna motif batik pekalongan, contoh batik pekalongan, macam batik pekalongan, batik pekalongan dan penjelasannya, gambar motif batik pekalongan, corak batik pekalongan, nama nama batik pekalongan