BisnisKonfeksi.com

Sejarah Mesin Jahit

Bisnis KonfeksiSejarah Mesin Jahit. Mesin jahit ialah peralatan konveksi yang berfungsi untuk menjahit. Manusia mulai mengenal dan melakukan kegiatan jahit-menjahit sejak dari awal peradaban manusia itu sendiri. Nenek moyang kita  menggunakan tulang belulang, batu maupun gading hewan sebagai jarumnya. Pakaian yang digunakan pada zaman dahulu terbuat dari kulit binatang dijarum dengan menggunakan otot-otot hewan atau akar tumbuhan. Jarum logam yang kita jumpai saat ini terbuat dari logam, jarum logam mulai digunakan sejak abad ke-14.

mesin jahit tradisional

Di tahun 1755, Charles Weisenthal, imigran berkebangsaan Jerman yang tinggal di Inggris, adalah penemu jarum logam. Ia merancang jarum logam untuk sebuah mesin untuk pertama kalinya.

Selanjutnya Thomas Saint, seorang pengrajin lemari asal Inggris, ialah penemu mesin jahit yag ia buat untuk pertama kali di tahun 1790. Sayangnya mesin temuannya tidak dapat beroprerasi setelah reproduksi.

Selain itu Balthasar Krems juga mengesankan dunia dengan mencoba merancang  pada tahun 1810. Mesin jahit desainnya ini telah berhasil beroperasi untuk menjahit topi, tapi nasibnya pun tidak berbeda jauh. Konon mesin buatan Krems tidak pernah berfungsi dengan baik.

Beberapa pendahaulu yang mencoba membuat mesin jahit yaituJohn Knowles dan John Adams Doge asal Amerika tahun 1818. Namun keberhasilan mereka masih belum terpenuhi karena mesin  yang mereka buat gagal setelah dilakukan percobaan.

old sewing machine
old sewing machine

Mesin Jahit Elias Howe
Mesin jahit dengan menggunakan dua benang yang berlawanan dengan jarum berlobang dibagian ujung  ini ditemukan oleh Elias Howe asal Amerika Serikat. Proses kerja jarum adalah diarahkan kebawah untuk membuat semacam lengkungan dan jarum yang lain dimasukan kedalam lengkungan tersebut sehingga benang membentuk pertalian yag mengunci kain. Hal yang unik dari temuan mesin jahit Howe adalah bahwa sebelum membuat mesin jahit ia bermimpi bertemu seorang kanibal yang mencoba menusuk perutnya dengan menggunakan tombak. Mungkin itulah inspirasi untuk penemuannya. Wallahualam..

Pematenan Penemuan Mesin Jahit
Howe telah behasil dengan temuannya, namun ia dihadapkan dengan masalah pematenan temuannya. Dimana Isaac Singer yang menemukan mekasnisme naik turun pada mesin jahit serta Allen Wilson yang mengembangkan alat kait pemintal berputar.

Isaac Singer sukses merancang mesin jahit dengan jarum jahit yang dapat dioperasikan dengan pedal yang dikayuh dengan kaki. Hingga tahun 1850 mesin jahit masih belum mengalami proses produksi masal. Stelah bertahun-tahun akhirnya Elias Howe berhasil memenangkan gugatannya dalam perkara pematenan mesin jahit.

Atas keberhasilannya Alias Howe menjelma menjadi kaya raya pasalnya dari tahun 1854 sampai 1867 pendapatan Howe mencapai 200,000 dollar per tahunnya. Sebagian kekayaannya ia sisihkan untuk Pasukan Infantri ketika Perang Saudara Amerika berlangsung.

Demikian sejarah singkat mesin jahitsemoga menambah wawasan Anda.

Tags:

sejak kapan manusia mengenal kegiatan menjahit, sejarah mesin jahit dan penemunya, sejarah mesin jahit mulai dari penemunya