BisnisKonfeksi.com

Usaha Konfeksi Bisnis Menjanjikan?

BisnisKonfeksiTips Memulai Usaha Konfeksi– Bagaimana Cara Memulai Usaha Konfeksi – Memulai Usaha Konveksi – Mengapa Harus Usaha Konfeksi?

usaha konfeksi
usaha konfeksi

Artikel kali ini Kami akan mencoba untuk berbagi beberapa tips memulai usaha konfeksi serta alasan-alasan mengapa Anda harus memilih usaha konfeksi sebagai bisnis Anda. Bicara masalah bisnis konfeksi, ada baiknya terlebih dulu kita mengetahui beberapa kabutuhan utama atau primer manusia. Pada dasarnnya kebutuhan manusia dapat dikelompokan menjadi 3 yaitu, kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier. Kebutuhan primer meliputi kebutuhan sandang, pangan dan papan. Untuk kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pelengkap yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi seperti pendidikan, rekreasi, dan sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang bersifat tidek terlalu penting, biasanya berupa barang-barang mewah dan mahal seperti mobil, perhiasan dan lain-lain.

Jika kita ingin menggeluti usaha konfeksi, maka kita akan memproduksi suatu barang yang merupakan kebutuhan utama manusia, dimana semua manusia harus memilikinya, yakni kebutuhan sandang. Dari waktu ke waktu kebutuhan sandang atau pakaian semakin meningkat seiring dengan jumlah manusia yang semakin bertambah dan yang lain akan terus menerus memperbaharui pakaian mereka. Ini adalah salah satu alasan paling kuat mengapa bisnis konfeksi menjanjikan. Anda perlu tahu bahwa sudah banyak sekali orang yang sukses setelah menggeluti bisnis konfeksi ini. Tentu saja, sebesar apapun peluang suatu bisnis tidak akan berjalan lancar tanpa usaha keras serta do’a yang menyertainya. Wawasan serta pengalaman akan menjadi senjata utama untuk bisnis konveksi Anda. Untuk yang sudah memiliki segudang pengalaman tentang dunia konfeksi, terutama mereka yang sudah lama bekerja di pabrik pakaian atau garmen, tentu ini menjadi modal awal yang sangat kuat untuk kedepannya. Terlepas dari keunggulan pengalaman dan wawasan, Anda juga tidak perlu berkecil hati lantas pesimis untuk memulai usaha konfeksi Anda. Sebab, semua yang dilakukan dengan sungguh-sungguh niscaya Allah akan melancarkannya dengan memberikan jalan bagi mereka yang berusaha keras. Peluang usaha konfeksi masih luas dan semakin meluas, memulai usaha konfeksi rumahan bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Tapi jika Anda tidak nyaman jika rumah dijadikan tempat usaha, Anda bisa membangun gedung untuk usaha konfeksi Anda.

Berikut ini beberapa tips memulai usaha konfeksi:

1. Menentukan Budget
Untuk memulai usaha konfeksi, akan lebih baik jika Anda memulai dengan anggaran yang secukupnya (meskipun Anda memiliki budget lebih. Hal ini berlaku bagi yang berpengalaman maupun non pengalaman. Tujuan dari strategi ini ialah untuk menghindari kerugian yang mungkin terjadi karena Anda masih beginner. Setelah usaha konfeksi Anda dengan modal yang kecil berjalan dengan baik, barulah secara bertahap Anda mulai menambah modal produksi.

2. Barang Produksi
Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan karena menyangkut dunia pasar. Pilihlah produk yang ramai dipasaran, dimana dapat dijangkau oleh semua kalangan. Karena berbeda jenis pakaian, maka berbeda pula prioritasnya. Sebagai contoh, kaos. Kaos ialah salah satu jenis pakaian yang digunakan semua usia dan kalangan, dari mulai anak kecil hingga dewasa, dari mulai masyarakat tingkat bawah hingga orang kaya, semua tetap mengenakan busana jenis kaos ini. Berbeda dengan jas atau, jas hanya diperlukan oleh orang-orang tertentu saja.

3. Tempat Produksi
Hal lain yang tak kalah penting untuk usaha konfeksi adalah pemilihan tempat produksi. Semakin ramai tempat produksi, maka akan lebih memungkinkan Anda memiliki banyak peluang dan konsumen. Maka dari itu, dirikanlah tempat produksi konfeksi Anda di tempat keramaian seperti dipinggir jalan raya. Jika Anda tidak memiliki tanah di tempat yang ramai, tempat seadanya adalah pilihan terakhir Anda.

4. Pemasaran
Bidang usaha atau apapun membutuhkan strategi pemasaran yang jitu jika ingin mencapai hasil maksimal termasuk usaha konfeksi. Apa lagi saat ini dunia marketing sudah semakin maju dan modern, internet adalah senjata Anda selain marketer yang Anda pekerjakan didunia nyata.

5. Managemen Keuangan
Rajinlah untuk menghitung uang yang berputar di usasa konfeksi Anda. Anda bisa melakukannya setiap minggu atau maksimal setiap bulan sekali. Teruslah lakukan meskipun usaha Anda nantinya sudah berjalan lancar. Dengan cara ini Anda akan mengetahui perkembangan dan perbaikan apa yang mungkin dapat Anda lakukan selanjutnya.

6. Karyawan
Memilih karyawan akan berpengaruh pada kualitas poduk serta kecepatan produksi Anda. Memilih karyawan yang baik tentu saja akan memeberikan hasil yang lebih baik pula untuk usaha konfeksi Anda.

7. Engagment
Tidak ada salahnya jika Anda ikut berkecimpung dalam kegiatan produksi jika memang Anda memiliki waktu yang luang. Namun perhatikan juga kenyamanan karyawan Anda.

8. Inovasi dan Strategi
Pembaharuan inovasi dan strategi secara berkesinambungan akan meningkatkan kemajuan usaha konfeksi Anda. Maka hal ini penting dan sangat perlu dilakukan. Kecuali jika Anda ingin usaha konfeksi Anda berjalan begitu-begitu saja!

9. Do’a
Setelah berusaha keras dengan sungguh-sungguh, do’a adalah kewajiban yang harus dilakukan. Usaha sekeras apapun akan sia-sia tanpa do’a.

10. Sedekah
Rajinlah bersedekah meskipun usaha konfeksi Anda masih berumur jagung dan omset Anda belum terlalu memuaskan. Jangan Anda terfokus pada obsesi saja, lihatlah mereka yang membutuhkan.

Baca juga Mesin Jahit Portable Untuk Pemula

Demikian beberapatips memulai usaha konfeksi semoga memberi manfaat.

Tags:

kerugian bisnis pin konveksi, kelemahan bisnis pin konveksi, kelebihan dan kekurangan usaha konveksi, kekurangan usaha konveksi